komunikasi bisnis #
ICHITAN
Slogan : “ Mendadak jutawan dari ICHITAN
Komentar : produk ichitan hadir di indonesia dengan
mempromosikan produknya dengan cara membuat slogan “mendadak jutawan” dengan
hadiah total 9 miliar untuk 30 orang beruntung, dengan mendapatkan total hadial
sebesar 300 juta per orang. Tujuan diadakan slogan seperti ini untuk
menumbuhkan minat masyarakat agar tertarik untuk membeli produk ini dan salah
satu cara mempromosikan kepada masyarakat luas. Dalam produk ini konsumen akan
lebih memilih produk ini dibanding produk yang lain. Sedangkan jika produk ini
dihubungkan dengan mata kuliah komunikasi bisnis, menurut saya produk ini sudah
termasuk dalam unsur komunikasi bisnis yaitu :
1.Memiliki tujuan, artinya
komunikasi bisnis harus memiliki tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya
sejalan dengan tujuan organisasi
2.Pertukaran, dalam hal ini melibatkan paling tidak dua orang atau lebih yakni komunikator dan komunikan.
3.Gagasan, opini, informasi, instruksi merupakan isi dari pesan yang bentuknya beragam tergantung tujuan, situasi, dan kondisinya.
4.Menggunakan saluran personal atau impersonal yang mungkin bersifat tatap muka, menggunakan media tertentu atau melalui media yang menjangkau jutaan orang secara bersamaan.
5.Meggunakan simbol atau sinyal yang merupakan alat atau metode yang dapat dimengerti atau dipahami oleh penerima untuk menyampaikan pesan.
6.Pencapaian tujuan organisasi: salah satu karakteristik yang membedakan organisasi atau lembaga formal dari informasi adalah adanya tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya oleh manajemen.
2.Pertukaran, dalam hal ini melibatkan paling tidak dua orang atau lebih yakni komunikator dan komunikan.
3.Gagasan, opini, informasi, instruksi merupakan isi dari pesan yang bentuknya beragam tergantung tujuan, situasi, dan kondisinya.
4.Menggunakan saluran personal atau impersonal yang mungkin bersifat tatap muka, menggunakan media tertentu atau melalui media yang menjangkau jutaan orang secara bersamaan.
5.Meggunakan simbol atau sinyal yang merupakan alat atau metode yang dapat dimengerti atau dipahami oleh penerima untuk menyampaikan pesan.
6.Pencapaian tujuan organisasi: salah satu karakteristik yang membedakan organisasi atau lembaga formal dari informasi adalah adanya tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya oleh manajemen.
Namun menurut saya dari beberapa kelebihan produk
tersebut mengeluaran promosi seperti ini, ada hal-hal yang menjadi pertimbangan
seperti :
1. Sebelumnya
penjualan produk teh kemasan (botol) seperti Ichitan sudah banyak lebih dulu memperkenalkan diri di pasar
penjualan produk teh kemasan.
2. Masyarakat
akan kembali berpaling dari Ichitan jika promosi ini berakhir apabila ichitan
tidak dapat bersaing dengan produk lain.
3. Variant
rasa yang produk lain keluarkan akan lebih dulu di sukai dan di kenal oleh
lidah masyarakat jika tidak ada ciri khas yang membedakan dari produk teh
kemasan yang lebih dulu ada.
4. Jika
harga yang di tawarkan oleh ichitan melebihi dari harga-harga produk teh
kemasan lain, tentu akan membuat customer kembali berpaling ke produk-produk
yang lebih dulu ada dan lebih murah dari harga ichitan.
5. Tim
marketing harus mengeluarkan strategi baru yang lebih inspiratif untuk menyelamatkan
produk ichitan yang kita kenal baru di pasar penjualan produk minuman kemasan.
Sumber : http://infokuisberhadiah.com/gratis-uang-tunai-ratusan-juta-dan-produk-ichitan-dari-ichitan/
Komentar
Posting Komentar