komunikasi bisnis #

ICHITAN




Slogan : “ Mendadak jutawan dari ICHITAN

Komentar : produk ichitan hadir di indonesia dengan mempromosikan produknya dengan cara membuat slogan “mendadak jutawan” dengan hadiah total 9 miliar untuk 30 orang beruntung, dengan mendapatkan total hadial sebesar 300 juta per orang. Tujuan diadakan slogan seperti ini untuk menumbuhkan minat masyarakat agar tertarik untuk membeli produk ini dan salah satu cara mempromosikan kepada masyarakat luas. Dalam produk ini konsumen akan lebih memilih produk ini dibanding produk yang lain. Sedangkan jika produk ini dihubungkan dengan mata kuliah komunikasi bisnis, menurut saya produk ini sudah termasuk dalam unsur komunikasi bisnis yaitu :
1.Memiliki tujuan, artinya komunikasi bisnis harus memiliki tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya sejalan dengan tujuan organisasi
2.Pertukaran, dalam hal ini melibatkan paling tidak dua orang atau lebih yakni komunikator dan komunikan.
3.Gagasan, opini, informasi, instruksi merupakan isi dari pesan yang bentuknya beragam tergantung tujuan, situasi, dan kondisinya.
4.Menggunakan saluran personal atau impersonal yang mungkin bersifat tatap muka, menggunakan media tertentu atau melalui media yang menjangkau jutaan orang secara bersamaan.
5.Meggunakan simbol atau sinyal yang merupakan alat atau metode yang dapat dimengerti atau dipahami oleh penerima untuk menyampaikan pesan.
6.Pencapaian tujuan organisasi: salah satu karakteristik yang membedakan organisasi atau lembaga formal dari informasi adalah adanya tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya oleh manajemen.

Namun menurut saya dari beberapa kelebihan produk tersebut mengeluaran promosi seperti ini, ada hal-hal yang menjadi pertimbangan seperti :

1.     Sebelumnya penjualan produk teh kemasan (botol) seperti Ichitan sudah banyak lebih dulu memperkenalkan diri di pasar penjualan produk teh kemasan.
2.     Masyarakat akan kembali berpaling dari Ichitan jika promosi ini berakhir apabila ichitan tidak dapat bersaing dengan produk lain.
3.     Variant rasa yang produk lain keluarkan akan lebih dulu di sukai dan di kenal oleh lidah masyarakat jika tidak ada ciri khas yang membedakan dari produk teh kemasan yang lebih dulu ada.
4.     Jika harga yang di tawarkan oleh ichitan melebihi dari harga-harga produk teh kemasan lain, tentu akan membuat customer kembali berpaling ke produk-produk yang lebih dulu ada dan lebih murah dari harga ichitan.
5.     Tim marketing harus mengeluarkan strategi baru yang lebih inspiratif untuk menyelamatkan produk ichitan yang kita kenal baru di pasar penjualan produk minuman kemasan.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

HUBUNGAN MANUSIA dengan KEINDAHAN DAN CINTA KASIH

RANGKUMAN MATERI ETIKA BISNIS

CONTOH KASUS MANUSIA DAN PENDERITAAN